Pages

Selasa, 22 Maret 2011

Tips umum membuat E-Book yang benar

Dapet benefit lagi nih dari blog zonanarsis.com


Ebook adalah buku berformat digital, para penggemar ebook saat ini sangat banyak, era digital membuat sebuah buku menjadi gampang di baca dan di dapat. Dan Ebook merupakan media informasi yang paling banyak di cari.
Cukup untuk sekedar mengenal apa itu ebook, di sini saya ingin memberikan tips umum dalam pembuatan ebook, hal-hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan ebook sehingga ebook tersebut memenuhi syarat sebagai ebook yang baik.
Tips ini menurut saya bermanfaat buat para penulis ebook yang masih pemula. Karena tidak semua ebook yang ada memenuhi syarat sebagai ebook yang baik. Karena itu bagi penulis pemula ebook harus memperhatikan tips-tips umum dalam pembuatan ebook berikut.

1.Gunakan jenis font yang menarik.

Sebaiknya menggunakan tipe font yang umum digunakan. Karena apabila tulisan anda menggunakan font yang tidak tersedia di komputer orang yang membaca ebook anda, maka tampilan ebook anda mungkin akan berubah.
Penggunaan font arial, times new roman bisa menjadi pilihan yang tepat, karena ke dua font ini sangat umum digunakan dan juga tersedia di tiap komputer. Ke dua font tersebut juga nyaman di baca.

2.Gunakan ukuran font yang cukup besar.

Tergantung dari tipe font yang anda gunakan, sebaiknya anda menggunakan ukuran font antara 12-14 point. Ke dua font yang saya katakan di point pertama bisa menggunakan skala ini.
Jika font berukuran kecil, akan sulit di baca dan juga tidak nyaman jadinya orang lain akan malas membaca ebook anda.

3.Kombinasi warna.

Kombinasi warna yang efektif akan memberi nilai tambah bagi ebook anda. Salah satu kelebihan dari ebook dibandingkan dengan buku cetak adalah anda bisa bebas menggunakan warna tanpa menambah biaya.
Namun jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan warna, karena apabila terlalu berlebihan, justru ebook anda menjadi tidak nyaman untuk dibaca. Belajar sedikit mengenai pemilihan warna, itu akan membantu ebook anda terlihat lebih cantik dan elegan.

4.Susun tata letak tulisan dengan baik dan konsisten.

Apabila tulisan anda mengandung beberapa poin, dan masing-masing memiliki subpoin, maka pastikan format penulisan poin-poin tersebut konsisten satu sama lain.
Ebook juga sama seperti buku biasa, jadi format penulisan haruslah di perhatikan agar ebook terlihat lebih profesional dan ebook anda akan banyak peminatnya

5. Gunakan gambar ilustrasi secukupnya saja.

Karena apabila terlalu banyak gambar yang ditampilkan, maka ukuran file ebook anda akan semakin besar. Tapi jika ebook anda mengenai desain, tutorial, yang memang membutuhkan banyak gambar, resize lah gambar anda menjadi ukuran yang wajar namun tetap mempertahankan kualitas.


Sekian tips umum yang harus diperhatikan dalam pembuatan ebook, jika ebook anda memenuhi ke lima poin di atas, saya jamin ebook anda akan menjadi lebih baik dan mudah dinikmati oleh pembaca.
Kelima poin di atas adalah tips umum, masih banyak tips-tips khusus lain yang akan membuat ebook anda lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar