Pages

Minggu, 20 Maret 2011

Terapan Ilmu Pengetahuan Dalam Game

Dapet ilmu nih dari http://game8.vtc.co.id........ check this out ajha


Dalam sebuah komunitas gamers, tentunya dihuni oleh orang – orang dengan latar belakang dan bakat yang berbeda dalam dunia pendidikan. Ada yang jago Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PPKn, dan masih banyak lagi. Lalu mengapa tidak dimanfaatkan? Itu bisa menjadi nilai lebih untuk membangun keahlian kita dalam bermain dan membantu kita untuk membentuk sebuah komunitas, club, ataupun clan yang solid.

Matematika

Pelajaran ini sudah sangat familiar. Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar hingga tingkat Universitas kita selalu mendapatkan mata pelajaran ini. Orang-orang yang memiliki kemampuan dalam hal ini pasti akan dengan mudah menjadi ahli hitung dalam sebuah game. Karena luang lingkup dunia matematika pasti akan selalu ada di setiap game yang kita mainkan.


Contoh kecil : Stats. Menghitung Stats akan sedikit rumit bila kita memainkan game yang bisa mengambil 2 (dua) tipe skill sekaligus. Hal ini dikarenakan kita membutuhkan perhitungan stat yang tepat dengan skill yang akan digunakan. Disinilah keunggulan para ahli matematika, mereka dengan cepat mengatur stat sebaik mungkin atau bahkan bereksperimen hingga mendapatkan sesuatu yang baru untuk karakter mereka sendiri. Nah, bagi kalian yang kurang ahli dalam hal ini, sudah saatnya mulai menyukai pelajaran ini ya.

Bahasa 


Pasti sangat menyenangkan jika kita memiliki teman yang ahli dalam hal ini. Saat kita disudutkan oleh kata – kata yang mengandung flame kita bisa menggunakan keahliannya untuk membalikkan keadaan. Keahlian bahasa asing juga sangat dibutuhkan apabila kita bermain dalam game yang berskala internasional.

Sejarah


Ini merupakan sebuah pengetahuan yang wajib di miliki oleh seorang commander atau seorang penasihat dalam suatu komunitas. Seorang commander bisa mengaplikasikan tentang strategi perang dalam sejarah untuk memberikan perintah ataupun saran untuk anggota lainnya. Atau setidaknya dia bisa belajar dari pengalaman tentang perang dalam game sebelumnya.

PPKn 


Nah, setiap guild atau clan pasti memiliki peraturan yang berbeda. Jika kamu memiliki teman yang mengusai pelajaran ini, ajak dia bertukar pikiran untuk menentukan suatu peraturan di dalam Guild. Karena orang – orang yang ahli dalam bidang ini pasti sering berkutat dengan undang-undang, norma, etika. Mereka ini sudah bisa dipastikan mengerti caranya membuat peraturan yang baik.

Sosiologi 


Untuk membentuk suatu moral yang baik dari pasukan dalam guild dibutuhkan keterampilan ini juga. Lho kok bisa? Karena di dalam guild sudah bisa dipastikan kita akan berinteraksi dengan pemain lain. Hal ini membutuhkan satu etika dalam bersosialisasi. Mempelajari sosiologi dapat membantu kita mene jadi kita perlu untuk mengetahui etika dalam bersosialisasi.

Manajemen


Sebenarnya siapapun bisa mengerti ilmu manajemen, namun berhubung pelajaran ini hanya di dapatkan saat seseorang duduk dibangku kuliah. Maka anak – anak kuliahan mempunyai pemahaman yang lebih mengenai ilmu manajemen. “Tak ada manajer atau atasan yang baik bila tidak mengerti Motivasi”. Manajer disini bisa di sejajarkan dengan Leader Guild atau Leader Party. Disini akan diaplikasikan bagaimana suatu leader memotivasi anggotanya untuk mengeluarkan semua kemampuannya dan keseriusannya dalam bermain game.

Psikologi 


Kadang timbul masalah internal dalam suatu guild. Atau mempunyai uneg – uneg dan kesulitan dalam game yang sulit ditemukan jalan keluarnya. Kalian bisa mengungkapkan semua masalahmu pada ahli psikolog dan mendengarkan saran – saran dari mereka.

Walaupun kalian seorang gamer, janganlah melupakan berbagai ilmu yang pernah kalian dapat. Karena suatu saat hal itu pasti akan sangat berguna bagi kehidupan kalian. Sekarang, bagaimana bila kalian memiliki keahlian dalam semua pelajaran diatas? Wah, pasti jadi 'dewa’ di dalam game ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar